Sumber Gambar : www.procom.ca |
Setiap industri yang berbeda membutuhkan skill yang berbeda juga, tetapi berikut ini adalah empat skill dasar yang harus dikuasai oleh para pencari dan sudah pasti dicari oleh setiap perusahaan.
Kemampuan dasar yang harus dimasukan dalam resume Masing-masing dari perusahaan membutuhkan karyawan dengan kemampuan/keahlian yang berbeda-beda. Namun ada kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh setiap individu para pencari kerja yang akan menjadi penilaian positif bagi perusahaan, berikut ini adalah 4 Hal tersebut :
Melek teknologi
Pada jaman sekarang .mempunyai kemampuan mengoperasikan komputer merupakan hal yang wajib dikuasai oleh karyawan, hampir semua bidang kerja memakai perangkat ini. Terutama software-software dasar misalnya MS Word, Exel, PowerPont dan lain-lain.
Terus asah dan tingkatkan kemampuan kamu, bila perlu ikuti kursus-kursus kilat untuk meningkatkan kemampuan kamu, atau kamu bisa mendapatkan pelajarannya lewat tutorial yang banayk beretbaran ddunia maya. Terutama jika keahlian itu sesuai dengan bidang kamu, misalnya kamu seorang desainer grafis tentu saja photoshop adalah aplikasi yang wajib dikuasai dan terus diasah.
Berkomunikasi dengan baik dan benar
Tidak semua orang punya kemampuan berkomunikasi dengan baik, ada yang pendiam malu-malu dan sebagainya. Namun jika kamu ingin menjadi orang yang sukses dalam berkarir, berkomunikasi dengan baik adalah syarat yang harus di punyai setiap orang. komunikasi ini bisa dilatih dengan memperbanyak kenalan dan mengajak orang lain untuk berkomunikasi, aktif di kegiatan kampus atau sekolah adalah salah satu cara untuk melatih hal tersebut. atau dapat juga berlatih sendiri di depan cermin, sebagaimana dahulu Soekarno melatih orasinya yang begitu menggelegar selalu di depan cermin., mulai dari tutur kata dan gestur tubuh.
Keahlian dalam Customer Service atau Public Relations
Industri-industri di bagian outsourcing, retail, perhotelan, restoran, dan manufaktur adalah beberapa contoh industri yang sangat memerlukan serta mengandalkan tenaga kerja di bagian customer service. Menjaga hubungan dengan para klien dan memastikan kepuasan pelanggan sangat vital bagi semua perusahaan dan bisnis.
Resume mu akan terlihat lebih mengesankan bila kamu menguasai skill dalam customer service dan public relations. Belajarlah untuk tidak sekedar mendengarkan, namun juga menyimak. Walaupun serupa, tetapi kedua hal tersebut tidak sama lho.
Kepemimpinan dan Kemampuan Beradaptasi
Kemampuan pekerja untuk memimpin sebuah tim adalah nilai plus bagi tiap perusahaan. Akan lebih baik jika si pekerja memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Memang sih, kemampuan untuk memimpin dan beradaptasi bisa dikatakan sebagai sifat dasar seseorang daripada skill, namun kedua hal ini sangat bisa dilatih dan dibiasakan.
Resumemu akan jauh lebih menarik dan kompetitif bila kamu memiliki kemampuan-kemampuan di atas. Nah menurutmu, apakah skill di atas udah kamu miliki?