Jika kita ingin memperoleh atau mencari informasi lowongan pekerjaan .kita bisa mendapatkan informasi itu dari media cetak, internet, career center , network ataupun agency. Dan hal yang harus kita perhatikan saat memilih lowongan pekerjaan adalah harus sesuai antara keadaan diri dengan persyartan jabatan,mencari informasi mengenai posisi yang akan dipilih dan harus mencari informasi perusahaan yang akan kalian coba. Adapun pengiriman dokumen melamar kerja juga bisa melalui pos (alamat penerima dan pengirim harus jelas), melalui email,atau data langsung ke perusahaan. Berikut adalah dokumen lamaran kerja yang harus dilengkapi :
- Surat lamaran kerja
- Daftar riwayat hidup
- Fotocopy ijasah terakhir,transkip nilai,sertifikat ,surat referensi.
- Photocopy KTP
- Photocopy KK
- Photocopy CKCK
- Pas photo
Membuat Surat Lamaran bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan contoh surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja yang baik dan profesional merupakan kunci bagi Anda untuk lulus dalam seleksi berkas dan menuju ketahap seleksi berikutnya. Tak jarang banyak para pencari kerja yang meremehkan dan tidak memperdulikan surat lamaran kerja yang dikirimnya keperusahaan dimana ia ingin melamar kerja. Sehingga harapan untuk dipanggil ke tahap tes berikutnya sia-sia. Surat lamaran kerja secara tidak langsung dibuat selain menginformasikan bahwa kita tertarik dan berminat terhadap posisi kerja yang ditawarkan oleh perusahaan juga sebagai ajang "menjual diri". Namun bagi yang frash graduate dan sama sekali belum pernah bekerja, mungkin bingung prestasi apa yang harus ia informasikan,akan tetapi Anda dapat mengutarakan prestasi Anda selama kuliah, berikur hal yang harus diperhatiakan :
- Kertas yang dugunakan berwarna putih
- Jenis dan ukuran font standard
- Ukuran Kertas A4
- Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas dan jelas kan posisi apa yang anda minati,gunakanlah bahasa yang baik dan benar serta penulisanya yang rapih. Cantumkan alamat tempat tinggal anda dan jangan lupa nomor telepon agar pihak perusahaan bisa menghubungi anda jika anda berhasil untuk mengikuti proses test selanjutnya.
- Jika lamran dikirim via email perhatikan kapasitas maksimum yang diperbolehkan oleh perusahaan.
- Aplikasi standard :Ms.Word,Pdf. Dan buatlah ukuran file dari scanner / image sekecil mungkin.
- Lengkapi persyaratan sesuai ketetapan dari perusahaan selain surat lamaran dan CV.
Cara membuat CV - daftar riwayat hidup
Cara membuat CV atau daftar riwayat hidup ini perlu diperhatikan sebelum menyertakan cv sebagai salah satu persyaratan melamar kerja.. Hal ini disebabkan karena pada CV inilah penyeleksi awal akan dilihat apakah anda memiliki kualifikasi yang layak untuk bekerja di perusahaan terkait atau tidak. Walaupun sebenarnya anda memiliki kemampuan yang menarik , akan tapi CV anda kurang bagus maka ini juga akan mengurangi penilai dan peluang anda untuk lolos dan mengikuti seleksi wawancara kerja di perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.
Membuat Daftar Riwayat Hidup
- Personal data ,isi data dengan lengkap : nama,tempat tanggal lahir,nomor telpon,tinggi dan berat badan,agama dan status (lajang / menikah)
- Tulislah riwayat pendidikan formal anda dari pendidikan SD hingga pendidikan formal terakhir.
- Jika anda ada keahlian khusus silakan menambahkan dalam daftar riwayat hidup anda
- Pengalaman organisasi itu juga bisa anda tulis
- Jika anda telah memiliki pengalam kerja silakan ditulis dan berikan job descriptionsnya..
Menerima Panggilan Kerja
Setelah kita menyerahkan berkas lamaran kerja ke perusahaan, jika anda lolos dari tahap penyeleksian awal biasanya anda akan dihubungi oleh pihak perusahaan jika anda berhasil untuk mengikuti proses selanjutnya. Maka berikut adalah hal yang harus anda perhatikan saat menerima panggilan kerja tersebut :
- Jawablah telpon dengan sopan
- Catat dengan baik : · Nama penelpon · Nama perusahaan · Alamat perusahaan · Catat Contact person yang harus ditemui · Posisi yang ditawarkan
- Cari informasi tentang jobdes dan perusahaan
- Survey lokasi Etika Interview
Hal yang pertama dilihat apda saat interview adalah penampilan,pakailah pakaian sepantasnya. Cari tau kondisi perusahaan saat Anda hendak melamar, sehingga saat panggilan wawancara datang, Anda tidak salah kostum. Berpakaianlah setingkat di atas para pekerja yang ada, misalnya jika pegawai di sana mengenakan jeans dan kaos, maka Anda bisa mengenakan kaos dan celana kain. Jika mereka mengenakan celana dan kemeja, maka Anda bisa menambahkan blazer atau setelan. Untuk para wanita, disarankan untuk bermakeup jangan berlebihan dan tatalah rambut dengan rapih ,serta menjauhi beberapa jenis busana, misalnya busana ketat, , rok pendek, atau celana panjang yang kelewat ketat dan gunakan sepatu yang tertutp. Sedangkan untuk kaum pria, hindari kemeja yang bagian atasnya sengaja tidak dikancing rapi atau yang terlalu ketat, dan pakailah baju dengan warna yang tidak mencolok. Pakailah parfum ,sehingga interviewer merasakan segar di dekat anda, dan jangan lupa untuk mengenakan jam tangan . karena penampilan mencerminkan seperti apa orangnya.
Tidak ada alasan untuk keterlambatan seseorang saat interview. Sebab interviewer akan beranggapan bahwa bila untuk wawancara saja seseorang datang terlambat, apalagi bila sudah bekerja nanti. Ketidak-tepatan waktu menunjukkan bahwa ia tidak disiplin dan tidak bisa memperkirakan waktu dengan benar, dan itu berarti ia adalah seorang yang kurang menghargai pentingnya waktu.
Saat anda memasuki ruangan interview, berjalanlah dengan tegap dan percaya diri .dan sodorkan tangan sambil senyum sebelum interviewer yang memulainya, Jabat tangan merupakan komponen penting yang bisa mendukung kesan pertama. Bahkan , para psikolog berpendapat ada kaitan erat antara kepribadian seseorang dengan cara ia bersalaman. Jadi, jabatlah tangan pihak interviewer dengan penuh kepercayaan diri (genggaman tidak terlalu keras, namun juga tidak terlalu lembek), dan pastikan kondisi tangan Anda kering dan bersih. Dan jangan lah duduk sebelum dipersilahkan .
Jangan Memainkan rambut, menatap berkeliling ruangan, atau berpandangan kosong saat diwawancara adalah hal yang wajib dihindari dan usahakan untuk fokus .Ingat, bahwa gerak-gerik Anda di pantau sejak Anda masuk ruangan. Jadi, pastikan bahwa Anda bergerak dengan penuh percaya diri.
Suara hp yang berdering kencang saat Anda sedang diwawancara jelas bukanlah hal yang ingin mereka dengar. Jadi matikan suara hp agar Anda bisa fokus pada wawancara yang sedang berlangsung.
Saat interview hampir selesai, maka jangan lupa mengucapkan terima kasih atas respon beliau dan sambil berjabat tangan.
Sumber Asli